Cara import database yang berukuran besar, phpmyadmin

      Suatu ketika, saya sedang mengimport sebuah database yang berukuran 4,522KB ternyata apa yang terjadi, ternyata yang terjadi adalah error karena batas ukuran max import hanya ukuran: 2,048KB, timbulah rasa panik pada diri saya karena ini Project yang harus berjalan pada 5 menit yang akan dating, jantung berdebar – debar, rasa panik mulai terjadi dan konsentrasi mulai buyar. Akhirnya saya membaca Lafads
Dan menghirup napas sedalam dalamnya dan mulai merilexasikan pikiran agar tidak panik, karena panik itu akan merusak konsentrasi kita. Kemudian setelah rasa panik ini mulai mereda saya coba import lagi, dan batin saya mengatakan ada keajaiban sehingga berhasil apa yang diimport.. ternyata apa yang terjadi, yang terjadi malah tampilannya sepert dibawah ini.



       Lalu saya coba membuka settingan xampp untuk mencoba mencari tahu akibat file yang saya import tidak bisa Cuma gara – gara file terlalu besar, saya coba mencari settingan untuk memperbesar daya ukuran max import menjadi lebih besar dari 2,048KB, ternyata ketemu setalah saya cari kurang dari 2 menit, yaitu settingannya ada di php.ini dan my.ini.. dibawah inilah langkah - langkahnya:
1.  Buka file php.ini yang berlokasinya C:\XAMPP\php\php.ini.
Cari tulisan upload_max_filesize (Edit dan rubah nilainya menjadi 8, contoh upload_max_filesize = 8) perhatikan gambar yang dilingkari dibawah ini.


Jika sudah diedit lalu disimpan

2.  Langkah Kedua yaitu buka file my.ini yang berlokasi C:\ xampp\mysql\bin\my.ini
Cari tulisaan  max_allowed_packet (Edit dan rubah nilainya menjadi 8, contoh max_allowed_packet = 8) perhatikan gambar yang dilingkari dibawah ini.


Jika sudah diedit lalu disimpan

3.  Restar apache dan mysql, Sekarang import data sudah bisa dipakai, dan batas ukuran max menjadi 8,192KB

Alahamdulillah rasa panik yang begitu hebat sekarang sudah tidak lagi, dan sekarang saya sudah bisa mengimport database project yang saat ini sedang berjalan. Begitulah pengalaman yang saya dapat berikan, mudah – mudahan dari pengalaman saya ini dapat membantu bagi orang yang sedang membutuhkannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara import database yang berukuran besar, phpmyadmin"

Post a Comment