Codeigniter 2.0.0 Tidak Jalan di Xampp Versi 3.2.2

Codeigniter 2.0.0 Tidak Jalan di Xampp Versi 3.2.2
Ketika saya transmigrasi ke server baru, kebetulan server nya diinstal xampp v3.2.2, kemudian saya extarct project yang dulu sudah saya buat keserver yang baru, project yang lama saya menggunakan Codeigniter 2.0.0 / Ci 2.0.0, ketika saya jalankan ternyata projectnya tidak tampil dibrowser..

mulai bingung, panik pun sudah pasti, bos sudah teriak - teriak, akahirnya tanya dengan mbah google juga tidak ada jawaban.. semakin bingung semakin panik.. kemudian saya cari - cari terus apa yang menyebabkan project saya tidak jalan, apakah karena codeigneter 2.0.0 tidak support dengan xampp versi 3.2.2 atau ada setting yang lain, akhirnya saya cek satu - satu file autoload.php, terutama libraries, saya coba tidak dinonaktifkan databasenya, ternyata project tampil tapi error, karenakan databasenya tidak aktif,

kemudian saya lebih yakin bawah permasalahannya ada di settingan database CI, akhirnya saya langsung buka file database.php, saya perhatikan tidak ada yang beda dengan settingannya, lalu saya coba lihat codeigniter versi 3.0.0, saya coba buka file databasenya ternyata ada perbedaan disana, kalau Codeigniter versi 3.0.0 untuk bagian $db['default']['dbdriver'] = 'mysqli'; dan kalau Codeigniter versi 2.0.0 untuk bagian db driver nya 'mysql'.

tidak menunggu lama saya pun mencoba untuk meruba dbdriver tersebut menjadi 'mysqli', kemudian saya coba jalankan project, akhirnya apa yang terjadi yang terjadi project bisa berjalan dengan lancar..

Atau bisa juga mengaktifkan extension=php_mysql.dll, dengan cara buka file php.ini kemudian cari extension=php_mysql.dll lalu hilangkan titik koma (;) untuk mengaktifkannya..

Alhamdulillah Project bisa berjalan dengan sempuran.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Codeigniter 2.0.0 Tidak Jalan di Xampp Versi 3.2.2"