Cara membuat Hak Akses Database, Security Database

       
Pada tutorial ini coding santri akan mencoba membuat hak akses database terhadap user, jika kita ingin menjadi seorang developer aplikasi, kita butuh hak akses seperti ini, contoh untuk hak akses. Saya punya database Sekolah dan database Pondok, dan saya punya dua user sebagai berikut, user A, dan user b, kedua user ini kita kasih hak akses.

Untuk user A akan saya kasih hak akses untuk membuka database Sekolah, untuk user B akan saya kasih hak akses untuk membuka database Pondok, jadi user A tidak bisa membuka database Pondok, dan user B tidak bisa membuka database Sekolah, sangat penting hak akses untuk develop aplikasi,

        Bayangkan kalau kita punya banyak database kemudian team project kita tidak dikasih hak akses sehingga seluruh team akan bisa dengan mudah membuka seluruh database dari project yang telah kita bangun hal seperti itu akan berbahaya sekali untuk seorang develop aplikasi, bukan karena pelit tapi untuk keamanan data sehingga data akan terjaga dengan aman.

Dibawah ini akan dijelaskan cara membuat hak akses database, ikuti langkah – langkahnya:
Versi GUI / Phpmyadmin, Lihat Juga Versi CMD
1.  Buat user account (Sudah Pernah dibahas di halaman sebelumnya, silahkan lihat disini.
    Contoh disini saya buat user: userA dan password usera
2. Edit Privilage lihat gambar dibawah ini yang dilingkari

3. Setelah itu akan muncul halaman Edit Privileges Pilih Basis data untuk lingkaran 1, 2 dan 3 pada gambar dibawah ini dikosongkan dulu.



4. Perhatikan lingkaran pada gambar dibawah ini, isi nama database, kemudian klik kirim


5. Setalah itu tentukan table perhatikan gambar dibawah ini


6. Kemudian tentukan hak akses table perhatikan gambar, sebagai contoh saya hanya mengisi hak akses pada table sekolah adalah select.

Begitulah tutorial hak akses yang dapat coding santri berikan, semoga bermanfaat, jika dalam pembuatan hak akses masih ada yang salah bisa di konsultasikan kepada coding santri 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara membuat Hak Akses Database, Security Database"

Post a Comment