Cara Membuat Sistem

       Pernah kebayang jika aplikasi program yang kita buat sudah sangat besar, kemudian tiba – tiba ada trouble pada aplikasi yang kita buat. Sedangkan program yang dulu pernah kita buat tidak pernah kita buka – buka. Apa yang terjadi, kita harus mencari troublenya satu persatu ini sangat mebosankan dan banyak waktu yang hilang hanya untuk mencari kesalahan program.

       Kemudian jika ada pengembangan Aplikasi, kita harus buka dulu databasenya, kita harus telusuri dulu tablenya satu persatu dan kita juga harus memperhatikan lagi nama filednya, belum lagi sorce code nya. Langkah seperti ini sangat lama sekali untuk melakukan cara yang efektif dan efisien.

       Untuk mendapatkan cara yang efektif dan efisien kita bisa melakukan pembuatan system, system adalah sebuah element – element yang saling terhubung untuk mendapatkan suatu tujuan yang sama.
Contoh pada permainan sepak bola, Tidak mungkin seorang yang jago bermain sepak bola bertanding seorang diri, untuk mendapatkan kemenangan maka sepak bola bermain dengan jumlah 11 pemain, jumlah pemain ini lah disebut dengan system, tujuannya apa..? tunjuannya adalah untuk mendapatkan satu tujuan yang sama yaitu menciptakan sebuah GOL dan memenangkannya.

Bagaimana dengan system yang akan kita buat intinya sama saja, marilah kita peraktikan langsung, perhatikan dibawah ini.

1. Kita harus meriset dimana tempat tersebut ingin membangun sebuah aplikasi.
        Riset bertujuan untuk mendapatkan data, diusahakan dari riset ini kita faham dengan proses kerja yang ada ,maka kita harus konsen pada suatu titik Objek, dimana Obejek tersebut yang akan dijadikan sebuah aplikasi. 

Contoh ada sebuah Usaha Bengkel motor dan dibengkel ini mempunyai 2 bagian, yaitu:
- Bagian Service Motor
- Bagian Penjualan

Kebetulan pemilik dari usaha tersebut hanya menginginkan program untuk bagian penjualannya saja, maka yang harus kita risetkan dan kita cari tau proses datanya adalah konsen dibagian penjulannya saja bukan pada service Motor. 

2. Buat ERD 
        Untuk mengetahui Teori ERD lebih Jauh Bisa Baca Disini. ERD singkatan dari Entity Relationship Diagram, Erd menggambarkan sebuah proses bagian penjualan hingga terbentuknya sebuah database (sebagai contoh diatas saya menggunkan bagian penjualan)

3. Buat Use Case Diagram
        Use case Diagaram adalah penentuan user yang akan menggunakan Aplikasi yang akan kita buat

4. Buat Squance Diagram
        Squance Diagaram adalah Alur Program yang akan kita buat

Sampai disini cukup untuk membuat sebuat system agar kita dengan mudahnya melakukan pengembangan system.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Sistem"

Post a Comment